Blogger Widgets

Minggu, 08 Desember 2013

S I K A P

}  Sikap adalah evaluasi terhadap aspek-aspek sosial.
}  Sikap sering kali di adopsi dari orang lain, melalui pembelajaran sosial (social learning).
}  Sikap juga terbentuk berdasarkan perbandingan sosial (social comparison) kecenderungan untuk membandingkan diri kita dengan orang lain dengan menentukan apakah pandangan kita terhadap kenyataan sosial benar atau salah.
}  Penelitian di lakukan terhadap kembar identik menunjukkan bahwa sikap juga di pengaruhi oleh faktor genetik, walaupun besarnya pengaruh tersebut bervariasi untuk sikap yang berbeda.
}  Resistensi terhadap persuasi seringkali meningkat dengan adanya peringatan (fore warning) pengaruh bahwa seseorang berusaha mengubah sikap kita dan dengan penghindaran selektif-kecenderungan untuk menghindari exposure terhadapa informasi yang berbeda dengan pandangan kita
}  Disonansi kognitif : keadaan yang tidak menyenangkan yang terjadi ketika kita menyadari adanya deskrepansi antara sikap kita dan tingkah laku kita.

}  Disonansi seringkali terjadi dalam situasi yang inducet (forcet) compliance, yaitu patuh karena bujukan atau pasksaan-kepatuhan dimana kita di dorong oleh faktor eksternal untuk berkata atau melakukan sesuatu yang tidak konsisten dengan sikap kita yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar